TEGAL GO....!!!




RISTEK TKJ

RISTEK merupakan salah satu program pengembangan siswa dalam menimba ilmu khususnya untuk jurusan Teknik Komputer dan Jaringan yang ada di SMK Negeri 2 Adiwerna Tegal. Ristek atau sering kita sebut dengan Riset dan Teknologi atau ‘Research and Technology’, yang mana adalah program pengembangan ilmu yang telah ada kemudian akan di kembangkan atau melebarkan sayapnya untuk mencapai tujuan yang di harapkan.
Teknik komputer dan Jaringan Merupakan salah satu cabang ilmu yang kini sedang tren atau sedang booming terhadap kemajuan tekhnologi yang sedang di kembangkan oleh beberapa negara - negara maju maupun berkembang. Berdasarkan tuntutan dunia kerja dan industri inilah yang menuntut kita untuk mengembangkan cabang ilmu yang banyak orang pelajari, selain itu juga berdasarkan tuntutan pasar atau produk yang mana sekarang ini sudah jamannya persaingan di bidang ilmu.


AFTA (Asian Free Trade Area) merupakan kendala utama dimana kita di tuntut untuk dapat bersaing di dunia kerja, khususnya untuk pekerja yang notabene tidak bisa bersaing pada dunia kerjanya secara otomatis akan tersingkir dengan sendirinya. Pekerja luar negeri merupakan kendala utama di dalam persaingan dunia kerja, banyak pekerja luar negeri yang mempunyai skill yang lebih tinggi masuk ke negara kita sehingga kita merasa di nomor 2 kan. Kenapa Sebab? Dikarenakan skill yang lebih di bandingkan dengan skill yang kita miliki, secara alamiah akan di lirik oleh perusahaan atau industri yang lebih membutuhkannya.
Untuk mengantisipasi akan hal itu, para pengajar khususnya pengajar untuk jurusan TKJ mengarahkan siswa dan siswinya untuk dapat mengembangkan ilmunya melalui Ekstra yang di sebut dengan Ekstra Ristek. Ekstra disini bukan untuk komersial akan tetapi untuk tambahan ilmu bekal nanti pada saat sisiwa dan siswi lulus nanti.

Sedangkan tujuan utama dari adanya Ekstra Ristek ini adalah :
1. Siswa dan Siswi mendapatkan ilmu lebih di bandingkan dengan kurikulum yang
ada
2. Membuka wacana baru dalam tuntutan dunia kerja dan dunia industri
3. Membimbing siswa dan siswi lain untuk dapat lebih giat dalam belajar dan
mengembangkan ilmunya
4. Memberikan pengawasan terhadap anak didik yang berpotensi dalam belajar
5. Memberikan motivasi yang kuat dalam memperoleh ilmu yang ada
6. Memberi contoh kepada sesama teman untuk lebih meningkatkan taraf ilmu yang
di peroleh
7. Sebagai tolak ukur di dalam kegiatan belajar mengajar
8. Menjaring calon – calon siswa berprestasi dalam bidangnya
9. Menuntun siswa dan siswi dalam kemandirian
10. Menjadikan siswa dan siswi yang lebih berKompeten dalam usahanya

Mengingat dari tujuan yang ada, maka dari tim pengajar SMK Negeri 2 Adiwerna Tegal khususnya jurusan TKJ melakukan atau berinisiatif untuk mengadakan Ekstra Ristek ini.
Siswa dan siswi yang telah mengikuti ekstra tersebut sebanyak 5 – 15 siswa dari masing – masing tingkat (mulai dari tingkat I,II & III). Di harapkan setiap siswa dan siswi yang mengikuti ekstra ini dapat memanfaatkan dam menerapkan ilmu di dunianya.
Proses pengembangan ekstra tersebut dilakukan di luar jam KBM sekolah, yaitu dilakukan pada hari sabtu dan minggu. Akan tetapi berbeda dengan beberapa tingkat yang telah atau pernah mendapatkan materi yang lebih dari para pengajarnya, diberikan keleluasaan untuk mengajarkan atau membimbing teman dan adik kelas di bawahnya. Tidak luput dari pengawasan para pengajarnya, pengajar juga membuka konsultasi mengenai perihal materi yang di sampaikannya.


Semoga dengan adanya ekstra Ristek ini, siswa dan siswi yang mengikutinya dapat bersosialisasi dengan teman dan adik kelas di bawahnya. Dan juga mampu mengembangkan ilmu dan dirinya secara mandiri untuk menyongsong masa depan yang lebih baik. “Dengan Perhatian dan kepedulian para Pengajar dan Manajemen Sekolah yang baik , akan menghasilkan Output yang lebih baik juga.”

Pepatah mengatakan “Tanam lah Ilmu kepada orang lain, maka sewaktu – waktu kita akan memetik hasilnya secara turun menurun”.


by. The603h

Thank you for sending me a post. God will Help you, God bless you.
Label: |
0 Responses

Posting Komentar